Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tanda Kalau Sudah Siap Punya Rumah

6 Tanda Kalau Sudah Siap Punya Rumah
Rumahimpian,- Setiap orang punya kebutuhan pokok berupa sandang, pangan dan papan. Sandang berarti berupa pakaian atau materi, pangan berarti makanan, dan papan berarti manusia membutuhkan tempat untuk bernaung dan itu rumah. Setiap orang pasti ingin memiliki rumah, tetapi pertanyaannya adalah sudah siap ataukah belum untuk mendapatkan rumah tersebut. Ada beberapa faktor pendorong seseorang ingin memiliki rumah sendiri, diantaranya adalah sudah punya pandangan kedepannya mengenai kemana akan dibawa keluarga kecilnya. Menyewa rumah tentu tidak bisa menjadi solusi untuk keluarga, dan solusi terbaiknya tetaplah harus memiliki rumah.

Tanda Kalau Sudah Siap Punya Rumah

Apakah ada kriteria seseorang dinyatakan siap untuk membangun rumahnya sendiri? Pasti ada, dan jawabannya ada dalam beberapa point penting berikut ini.

1. Sahabat Sudah Mampu Membayar 5-10% Total Harga Rumah

Ada banyak cara untuk mendapatkan ruamh impian, tetapi pertanyaannya adalah apakah lebih baik membangun sendiri atau membeli rumah. Pilihan itu hanya sahabat sendiri yang bisa menjawab dan memilihnya. Tetapi jika sahabat sudah mampu untuk membayar antara 5% hingga 10% dari harga rumah tersebut maka membeli rumah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sahabat bisa mencicil rumah dengan memberikan uang muka 5-10%. Atau jika sahabat takut biaya membengkak, sahabat bisa menggunakan jasa rumah syar'i atau solusi lainnya adalah menabung untuk membangun rumah impian sahabat sendiri.

2. Siap Dengan Resiko Kedepan

Siap yang dimaksudkan adalah siap dengan segala sesuatunya nanti. Jika ingin mencicil rumah maka harus siap untuk melunasi cicilan ersebut, jangan sampai nantinya terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dimasa depan. Atau jika sahabat lebih memilih untuk membangun serta merancang rumah sendiri, tentu hal yang perlu dipersiapkan adalah lahan dan tentunya material.

3. Punya Gambaran Rumah Impian

Sebelum membeli atau membangun rumah hunian, alangkah baiknya sahabat memiliki gambaran umum rumah masa depan. Paling tidak memiliki gambaran warna atau dekorasi seperti apa yang diperlukan untuk desain interior rumah sahabat. Atau jika lebih jauh lagi, sahabat sudah memiliki gambaran dimana dan bagaimana meletakkan furniter rumah sehingga membuatnya menjadi rapi serta tidak terkesan sempit. Karena kesemuanya tadi akan memberikan efek yang besar pada kenyamanan penghuni rumah.

4. Punya Pendapatan Yang Bisa Diandalkan

Hal ini begitu penting hingga menjadi tanda sahabat siap memiliki rumah, karena pendapatan yang pasti akan membuat sahabat tidak terbebani. Jika kesulitan dalam hal keuangan, maka sahabat bisa melakukan pinjaman ke BANK dengan jaminan gaji dalam pekerjaan. Karena setelah kebutuhan mengenai bangunan rumah terpenuhi, akan muncul lagi beberapa kebutuhan lainnya. Dan itu semua hanya bisa diselesaika apabila sahabat memiliki pendapatan yang bisa diandalkan.

5. Punya Gambaran Akan Tinggal Dengan Siapa

Sebelum memiliki rumah, tentunya hal yang perlu difikirkan adalah dengan siapa kita akan menghuni rumah tersebut. Artinya begini, kalau berniat tinggal bersama keluarga besar maka sudah tentu akan membutuhkan space yang luas, tetapi jika hanya untuk keluarga kecil sahabat, mungkin rumah model minimalis akan menjadi pilihan yang tepat.
baca juga : 5 Keuntungan Memilih Rumah Minimalis
6.  Sahabat Bisa Mengurus atau Merawat Rumah
Dalam persoalan rumah, tentu perlu ada yang merawat serta mengurus rumah. Karena masih sangat awam tentu sahabat perlu pengetahuan mengenai perawatan atau cara mengurus rumah. Artinya sahabat paling tidak bisa mengerti bagaimana menempatkan barang-barang dalam atau luar rumah sehingga terkesan ramai tetapi tidak sempit.

Sekian sedikit bahasan mengenai 6 tanda kalau sahabat sudah siap memiliki rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan di share jika memang dirasa akan bermanfaat bagi sahabat yang lain. Terimakasih...


Carinpirasi
Carinpirasi Blog yang membahas seputar inpirasi dekorasi hingga inspirasi untuk hal yang lain