Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sering Kerja Depan Gadget? Nampaknya Anda Butuh Kacama Anti Radiasi Ini

Carinspirasi.com,- Sedari kecil kita diajarkan untuk menjaga kesehatan mata, diingatkannya melalui lagu “kurang vitamin A, matamu senja..” Nah setelah besar baru mengerti bagaimana tidak enaknya jika sudah mata minus, dan mata minus ini bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk lamanya bekerja di depan gadget. Saya merasakan sendiri bagaimana tidak enaknya menggunakan kacamata, apalagi ketika malam dan hujan.

kacamata anti radiasi

Maka menjadi sebuah keharusan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, karena ketika mata sehat akan mempermudah melakukan aktivitas sehari-hari nantinya. Cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi pemakaian gadegt, dan satu lagi adalah menggunakan kacamata anti radiasi.

Apalagi dengan sensitifnya mata, sehingga penting untuk memperhatikan bagaimana cara melindunginya. Misalkan ada dua hal yang menimbulkan masalah, pertama adalah sinar ultraviolet dan kedua adalah sinar blu. Cara melindungi mata agar tidak langsung terkena dua sinar ini adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi.

Apa itu Kcamata Anti radiasi dan Fungsinya


Mungkin sebenarnya banyak yang sudah menggunakannya, namun banyak yang tidak sadar menggunakan kacamata jenis ini. Karena sebenarnya kacamata anti radiasi ini didesain khusus untuk menangkal sinar ultraviolet dan sinar blue. Sinar ultraviolet yang bersumber langsung dari matahari dan sinar blue biasanya bersumber dari barang elektronik seperti gawai dan gadget.

Kemudian disinilah fungsi dari kacamata anti radiasi, yaitu melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet dan sinar blue secara langsung. Kacamata berjenis anti radiasi dapat menghalau radiasi elektromagnetik karena memiliki teknologi pelapisan vakum ion yang canggih. Dengan begitu, kacamata tersebut aman digunakan dalam waktu lama. Memiliki penerapan dan penyerapan yang dapat disesuaikan dengan cahaya berbeda. Sehingga saat memakainya akan seperti penglihatan alami

Kapan Penggunaan Kacamata Anti Radiasi?


Jika pertanyaannya kapan harus menggunakan kacamata anti radiasi, maka jawabannya adalah ketika anda adalah seorang pekerja yang fokus di depan gadget atau laptop. Karena radiasi yang dipancarkan dari barang elektronik tidak baik untuk kesehatan mata. Telerbih radiasi dua sinar ini akan memicu resiko fotokeratitis yang dapat menyebabkan mata gatal, berair, merah, dan menjadi lebih sensitif.

Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi

Kalau memang harus menggunakan kacamata anti radiasi, tentunya hal yang perlu untuk diperhatikan dan jangan sampai terlewat adalah dengan memilih kacamatanya dengan benar. Namun pemilihan kacamata biasa dengan memilih kacamata anti radiasi perlu memperhatikan review kacamata anti radiasi terlebih dahulu untuk bisa memutuskan kacamata itu layak atau tidak.

Memilih kacamata dengan lensa dan bingkai besar

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan ukuran lensa dan bingkai kacamata. lensa dan bingkai yang lebih besar pastinya bisa memperkecil risiko terpapar sinar radiasi. Terutama untuk yang kerap beraktivitas di luar ruangan, sinar ultraviolet dari matahari tidak akan menembus dari sisi kacamata kamu.

Menangkal 99-100 persen sinar ultraviolet

Apabila kamu menggunakan kacamata hitam atau sunglasses untuk memproteksi mata dari radiasi. Kamu harus memastikan untuk memilih kacamata yang memiliki lensa yang dapat menghalau 99 hingga 100 persen sinar UV. Penyerapan sinar radiasi bisa ditingkatkan dengan menambah lapisan pada lensa kacamata kamu.

Memilih desain lensa yang sesuai

Sebelum memutuskan untuk membeli kacamata anti radiasi, pastikan kamu sudah memilih lensa yang berkualitas. Cara untuk mengetahui kulaitas lensa adalah dengan memakai kacamata dan tutup satu mata kamu. Lalu, fokuskan pandanganmu ke pola persegi atau garis lurus. Selanjutnya, geserlah posisi kacamata kamu ke sisi lainnya. Jika pola atau garis terlihat miring atau bergoyang, lensa tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Menggunakan lensa terpolarisasi (polarized)

Lensa polarized memiliki bahan kimia yang dapat membatasi jumlah cahaya yang akan masuk. Hal ini karena lensa tersebut akan memantulkan cahaya ke objek lain, seperti cermin, kaca jendela, atau jalan. Sehingga akan mengurangi efek silau pada kamu. Kamu bisa memilih lensa polarized yang dikombinasikan dengan lapisan anti radiasi.

Carinpirasi
Carinpirasi Blog yang membahas seputar inpirasi dekorasi hingga inspirasi untuk hal yang lain