Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Agar Rumah Minimalis Bertampilan Modern

Rumah minimaslis adalah salah satu konsep dalam mendesain rumah yang membuat desain rumah dengan ukuran yang relative kecil. Memang berukuran kecil tetapi tidak lepas dari konsep yang membuat beberapa orang banyak memilih jenis rumah dengan model tersebut. Rumah minimalis adalah konsep rumah sederhana namun memiliki tampilan modern.

Ada 2 jenis rumah minimalis yang paling banyak diminati yakni rumah minimalis tipe 1 lantai dan tipe 2 lantai.

Rumah Minimalis 1 Lantai

Banyak yang memilih untuk membangun rumah minimalis 1 lantai disetiap sudut kota. Pasalnya, rumah minimalis ini adalah tipe rumah dengan model sederhana dengan tata ruang yang bagus. Sudah banyak yang tertarik dengan model rumah minimalis 1 lantai ini. Biasanya lahannya sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan rumah minimalis 2 lantai.

Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis 2 lantai adalah pilihan desain rumah yang tepat jika kamu memiliki lahan yang sedikit namun menginginkan rumah dengan konsep modern. Modelnya yang menggunakan konsep sederhana dengan tampilan modern adalah salah satu daya tariknya. Namun tidak sedikit juga yang memilih tipe rumah minimalis yang satu ini, karena beberapa alasan lainnya.

Kedua tipe rumah ini merupakan tipe rumah yang mengutamakan memaksimalkan lahan yang ada, pemilihan warna rumah, interior dan exterior serta penataan ruang yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatika ketika hendak membangun rumah minimalis dengan konsep sederhana tampilan modern.

1. Memperhitungkan luas lahan

Memperhitungkan luas lahan yang akan digunakan atau yang tersedia adalah salah satu hal yang perlu untuk kamu perhatikan. Pasalnya, rumah minimalis tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Tetapi paling tidak memiliki halaman depan dan halaman belakang. Dengan memutuskan untuk membangun rumah minimalis, kamu telah memilih untuk menghemat lahan yang akan kamu gunakan untuk membangun rumah.

2. Pemilihan Warna


Pemilihan warna akan mampu memberikan kesan yang berbeda-beda misalnya kesan hangat, eksotis, klasik hingga modern. Kebanyakan rumah minimalis dengan tampilan modern memilih warna yang cerah, karena mampu merfleksikan cahaya lampu dengan baik yang mengakibatkan kesan modern amat sangat jelas. Agar tidak terkesan monoton, tambahkan juga warna lainnya namun tentunya yang tidak kontras dengan warna utama.

3. Pilihlah perabotan yang minimalis dan cocok dengan model rumah


Memilih perabotan yang minimalis dan cocok dengan model rumah adalah salah satu siasat penyempurnaan tampilan dalam rumah minamlis. Banyak yang terkadang keliru memilih perabotan dengan ukuran yang lumayan sehingga konsep rumah minimalis yang nyaman dan modern tidak didapatkan. Betapa tidak, dengan menggunakan perabotan yang tidak pas akan menyulitkan ketika hendak menata ruangan dan berujung pada kesan rumah tampilan minimalis namun sempit.

4. Perhatikan model dan bentuk teras rumah yang diinginkan

Model dan bentuk dari teras rumah ada beragam, tinggal kamu pilih mau yang model klasik atau modern atau memilih perpaduan keduanya. Bentuk dan model teras rumah juga mampu menarik perhatian, karena teras merupakan tampilan depan sebuah rumah. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sampai antara bentuk rumah dengan model teras terlihat tidak sinkron sehingga akan mengurangi keindahan rumah minimaslimu.

Pilihan model teras yang minimalis dengan konspe modern adalah salah satu pilihan yang tepat jika disandingkan dengan model rumah minimalis. Selain lebih simpel, teras minimalis juga tidak membutuhkan pemikiran yang mendalam ketika hendak mendesainnya.

5. Tambahkan view natural

View yang natural dalam desain lengkap rumah minimalis sangat diperlukan. Selain akan membuat moodmu meningkat ketika pagi hari juga akan mendapatkan nilai plus dari tamu-tamu yang berkunjung nantinya. Untuk view naturalnya bisa kamu tempatkan didepan rumah atau dibagian belakang atau mungkin membuatkan view pada keduanya.

Misalnya saja pada bagian depan kamu bisa menambahkan kolam ikan sederhana, dengan tambahan bunga hiasan didepannya. Mungkin bisa kamu adopsi model taman-taman rumah-rumah Eropa.

Beberapa hal diatas barusan haruslah menjadi salah satu pertimbangan ketika kamu hendak mendesain dan membangun rumah minimalis dengan konsep sederhana namun dengan tampilan modern. Sekian artikel mengenai rumah minimalis, konsep sederhana tampilan modern.